Mengecat Tembok yang Benar Begini Caranya Agar Cantik dan Mulus

Mengecat tembok yang benar agar anda memiliki tembok yang tampak halus dan indah bukanlah pekerjaan yang mudah. Disini anda akan memperoleh cara metode mengecat  tembok yang efektif dan berkualitas tinggi. Silakan simak 3 cara sederhana mengecat tembok yang cantik dan mulus yang bisa dilakukan siapa saja!

Mengecat Tembok yang Benar

Cara Mengecat Tembok yang Benar

1.  Mengecat Tembok dengan roller

Metode mengecat tembok yang benar dengan roller cukup populer saat ini. Karena roller memiliki kemampuan beradaptasi yang luas, sangat cocok untuk banyak medan. Saat menggunakan roller, kita perlu memperhatikan 2 hal dasar sebagai berikut :

Pemilihan rol

Sebaiknya pilih roller yang berkualitas baik, bersih, tidak larut dalam cat. Kemudian, gulingkan ke dinding baru dengan halus dan rata. Saat memilih cat pada permukaan logam, anda harus memilih rol dengan ukuran dari 6 hingga 19 mm.

Catatan, rol serat panjang dapat mengecat lebih banyak dan lebih cepat, tetapi permukaannya tidak halus. Disarankan untuk menerapkan jenis ini pada permukaan yang tidak halus dengan cat yang cepat kering. Sebaliknya, rol dengan bulu pendek memberikan permukaan yang lebih halus. Sebaiknya biasanya diaplikasikan pada top coat. Selain itu, ada rol untuk pipa, pagar dan rol tekanan untuk pengecatan terus menerus.

baca juga ; Kesalahan saat renovasi rumah

2. Teknik mengecat tembok yang benar

Rol yang berkualitas perlu dibarengi dengan teknik pengecatan yang kokoh. Oleh karena itu, Anda perlu mengecat tembok dengan benar untuk mendapatkan lapisan cat yang lebih halus dan indah. Cara melakukan teknik melukis sebagai berikut :

Langkah 1:

Serap sepenuhnya rol ke dalam cat sebelum mengecat. Kemudian gulung sepanjang permukaan dinding dari dalam ke luar sampai cat benar-benar basah.
Catatan: Dengan lapisan cat pertama pada roller, Anda harus mengecat untuk mendorong keluar semua gelembung udara di roller.
Sebaiknya aplikasikan dalam bentuk V atau W adalah teknik yang benar, tergantung area yang akan dicat.

Langkah 2:

Lapisan berikutnya digulung maju mundur untuk mengisi kotak asli yang dibuat. Hanya menggulung dengan tekanan sedang, tekanan tinggi dapat menyebabkan gelembung udara pada permukaan cat atau membuat gelembung udara menembus ke dalam roller.

Mengecat Tembok yang Benar

2. Cara mengecat tembok rumah yang benar dengan menggunakan kuas

Teknik pengecatan kuas memiliki persyaratan yang lebih tinggi daripada aplikasi roller. Untuk memiliki lapisan yang halus dan tebal merata, pelukis perlu memiliki teknik pengecatan yang baik agar pada saat mengaplikasikan lapisan cat dengan kuas lebih tahan lama.

Cat secara berurutan dari kering ke basah, lapisi permukaan dan ulangi di atas bagian basah dari goresan sebelumnya. Film cat menutupi semua titik lain di dinding secara merata, termasuk retakan dan sudut. Harus diterapkan kembali satu atau dua kali di lokasi yang mudah rusak, sulit dibangun seperti mur, logam, dll.

Persyaratan untuk kuas cat

Lebar kuas biasanya tidak melebihi 100 mm. Panjang rambut tidak boleh melebihi 90 mm. Kuas cat harus dijaga tetap bersih, lentur, dengan bulu lembut.

Mengecat Tembok yang Benar

3. Konstruksi cat rumah cantik dengan penyemprotan

Metode penyemprotan meliputi: semprotan tekanan tinggi, semprotan elektrostatik, semprotan udara terkompresi, semprotan volume besar tekanan rendah, semprotan tanpa udara.

Catatan

Peralatan harus dijaga kebersihannya, bebas dari debu, dan catnya bebas dari kotoran. Pasokan udara bebas dari kelembaban dan minyak. Gunakan kertas blotting putih untuk penentuan sesuai dengan instruksi. Hapus semua pelarut sisa dalam instrumen.

Selain itu, dalam mengecat tembok yang benar, selalu simpan komponen cat dalam campuran dalam botol atau wadah semprot selama proses aplikasi dan diaduk atau dicampur secara mekanis sebentar-sebentar atau terus menerus. Pelapisan harus membentuk lapisan yang seragam. Disarankan untuk menyemprotkan tumpang tindih di tepi garis-garis konstruksi. Sesuaikan komposisi sistem sehingga film cat semprot seragam.

Selama penyemprotan, pistol semprot ditempatkan tegak lurus ke permukaan. Sejajarkan jarak agar cat basah menempel pada permukaan. Berhenti menekan pistol semprot di ujung garis cat. Pastikan untuk menguasai teknik melukis, jika tidak maka akan menyebabkan banyak cat yang terbuang. Meleleh atau melorot harus disikat atau digiling ulang saat cat telah kering.

Secara khusus, area yang mudah rusak atau memiliki tepi tajam dan area lain yang sulit dijangkau harus dirawat dengan metode buffing. Retak dan celah harus disapu atau diplester.

baca juga ; Jenis furnitur rumah

Gunakan sarung tangan 

Untuk mengecat tembok yang benar,  gunakan sarung tangan kulit domba selama proses pengecatan.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menambah pengetahuan dan metode konstruksi cat tahan lama untuk rumah Anda.

Hubungi Kontraktor Bogor