Search
Close this search box.

Apa itu Sub Kontraktor dan Informasi Terkait

Konsep sub kontraktor terkadang diabaikan oleh banyak orang atau masih asing bagi banyak orang. Karena kebanyakan orang mengenal kontraktor utama, unit-unit yang langsung menerima kontrak dan mengkoordinir pekerjaan. Pada artikel di bawah ini, Hoa Binh akan membantu pembaca mempelajari apa itu sub kontraktor sehingga dalam kasus tertentu pasti akan membantu Anda.

1. Apa itu sub kontraktor?

Sub kontraktor adalah kontraktor yang ikut serta dalam pelaksanaan paket penawaran sesuai dengan kontrak yang telah ditandatanganinya dengan kontraktor utama. Mereka bekerja langsung dengan kontraktor utama, bukan investor.

Untuk lebih jelasnya, kontraktor utama adalah kontraktor yang bertanggung jawab untuk ikut serta dalam penawaran, atas nama peserta lelang dan langsung menandatangani dan melaksanakan kontrak jika dipilih. . Kontraktor utama dapat merupakan kontraktor independen atau anggota konsorsium. Subkontraktor adalah kontraktor yang berpartisipasi dalam pelaksanaan kontrak berdasarkan kontrak yang ditandatangani dengan kontraktor utama, dan penggunaan subkontraktor tidak akan mengubah tanggung jawab kontraktor utama. Kontraktor utama harus bertanggung jawab atas volume, kualitas, jadwal, dan tanggung jawab lain atas pekerjaan yang dilakukan oleh subkontraktor.

Dengan demikian, subkontraktor bukanlah kontraktor yang bertanggung jawab untuk berpartisipasi dalam penawaran. Namun pekerjaan yang berkaitan dengan percobaan lapangan, penyediaan bahan dan peralatan, subkontraktor tetap dilibatkan, namun harus diawasi dan kontraktor utama harus bertanggung jawab.

BACA JUGA ;  Tips Memilih Kontraktor Kolam Renang

Tips Memilih Kontraktor Kolam Renang

2. Apa peran subkontraktor?

Subkontraktor masih kontraktor. Mereka tetap merupakan perusahaan atau perorangan yang menonjol untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau isi kontrak bagi kontraktor. Dapat dipahami bahwa subkontraktor akan disewa oleh kontraktor untuk mengerjakan satu atau dua isi kontrak.

Dapat dipahami bahwa subkontraktor akan disewa oleh kontraktor untuk mengerjakan satu atau dua isi kontrak.

Merupakan tanggung jawab subkontraktor untuk menyelesaikan pekerjaan yang disewa oleh kontraktor tepat waktu dan mereka hanya bertanggung jawab kepada kontraktor yang disewa dan tidak ada hubungannya dengan atau bertanggung jawab kepada pemilik.

Subkontraktor dapat melakukan pekerjaan yang sama untuk banyak kontraktor berbeda pada banyak proyek berbeda.

3. Peraturan tentang sub kontraktor

Setelah penandatanganan kontrak dengan kontraktor utama, subkontraktor harus memenuhi ketentuan berikut.

Kontraktor tidak boleh mengalihkan semua pekerjaan berdasarkan Kontrak kepada Subkontraktor untuk dilaksanakan.

Pertama, bagi subkontraktor yang tidak termasuk dalam daftar subkontraktor yang dilampirkan dalam Kontrak, harus mendapat persetujuan dari Investor sebelum dapat menandatangani kontrak kerja.

Kedua, Kontraktor harus bertanggung jawab kepada Pemilik atas kemajuan, kualitas, keselamatan tenaga kerja, perlindungan dan kesalahan lingkungan dan pekerjaan yang dilakukan oleh Subkontraktor, dll.

Ketiga, Kontraktor tidak boleh menyerahkan kembali semua pekerjaan berdasarkan Kontrak kepada Subkontraktor untuk dilaksanakan.

baca juga : Daftar Toko Bahan Bangunan di Bogor

Daftar Toko Bahan Bangunan di Bogor

4. Perbedaan antara kontraktor utama dan sub kontraktor

Kontraktor menangani gambaran besarnya. Jika Anda menganggap keseluruhan proyek sebagai gambaran besar. Dalam gambaran besar itu ada kontraktor utama dan sub kontraktor. Namun, tujuan kerja mereka berbeda. Bisa dibayangkan kontraktor mengambil alih dan mengontrol gambar dan penyelesaian gambar secara keseluruhan. Sub kontraktor hanyalah sebagian kecil dari gambaran besar.

Sub kontraktor berspesialisasi dalam pekerjaan tertentu.

Sub kontraktor berspesialisasi dalam pekerjaan tertentu. Sub kontraktor dapat diibaratkan sebagai bagian kecil dari gambaran. Karena mereka hanya memiliki keahlian di satu bidang dan tentunya ada banyak item yang terkait dengan berbagai bidang dalam satu proyek, sub kontraktor hanyalah sebagian kecil dari gambarannya.

Di atas adalah beberapa informasi yang dirangkum oleh Hoa Binh tentang konsep sub kontraktor dan isu-isu terkait sub kontraktor dalam konstruksi. Sub kontraktor memainkan peran penting dalam konstruksi. Saat menggunakan sub kontraktor, investor maupun pemilik rumah perlu memperhatikan masalah hukum, menandatangani kontrak untuk mulai menggunakan dan bekerja agar tidak mempengaruhi kemajuan pekerjaan.

Kontak ; AyoBangun – kontraktor bogor