Search
Close this search box.

Fungsi Exhaust Fan Di Dapur

Fungsi  exhaust fan di dapur – Seperti semua orang tahu, makan setiap hari sangat penting bagi setiap keluarga, dan ruang area dapur sangat penting. Tempat ini menghadirkan perasaan hangat dan bahagia saat bersama, tetapi juga memastikan kesehatan setiap anggota keluarga paling terjamin.

Oleh karena itu, Anda perlu memilih jenis exhaust fan dengan fitur unggulan yang cocok untuk keluarga Anda. Yuk ikuti artikel di bawah ini untuk lebih memahami tentang fungsi  exhaust fan di dapur.

 

exhaust fan di dapur

Fungsi Exhaust Fan di Dapur

1. Tingkatkan Kesegaran Ruangan

Keahlian perlengkapan ini buat menghasilkan hawa lembab hendak tingkatkan kesegaran dalam ruangan. Aliran hawa baru yang masuk dengan suplai oksigennya juga hendak menghindari kepengapan bidang dalamnya. Pada kesimpulannya, beraktifitas dalam ruangan dengan kipas exhaust hendak terasa lebih aman.

2. Merendahkan Temperatur Ruangan

Temperatur dalam ruangan dapat bertambah bersamaan dengan bermacam kegiatan yang dicoba manusia ataupun sebab pengaruh watak bahan bangunan yang digunakan. Keberadaan exhaust fan yang secara kontinyu mendesak hawa ke luar bisa menanggulangi permasalahan ini dengan lumayan efisien.

3. Melindungi Kesehatan Penunggu Ruangan

Dapur, garasi, serta sebagian ruangan lain ialah zona di mana asap serta partikel debu kerap terkonsentrasi dalam jumlah besar. Sementara itu, baik asap ataupun partikel debu tidak baik buat kesehatan penunggu bangunan. Konsumsi kipas exhaust bisa menanggulangi perihal ini sebab mesin tersebut sanggup menghasilkan hawa beserta dengan bermacam kontaminannya.

4. Melindungi Keamanan dalam Laboratorium

Secara khusus, guna keamanan exhaust fan pula berlaku di laboratorium. Dalam pemakaian tersebut, kipas ini hendak menunjang sistem ventilasi lab sehingga sebagian zat ataupun partikel yang membahayakan dapat dikeluarkan dengan lebih kilat.

5. Melindungi Kebersihan serta Estetika Ruangan

Hawa yang lembab, kotor, serta panas bisa menimbulkan cat memudar, perabot kotor, serta kamar mandi berlumut. Pemasangan kipas exhaust bisa menghindari bermacam perihal tersebut sehingga keelokan serta kebersihan ruangan juga tetap terpelihara.

exhaust fan di dapur

Mengapa Anda harus menggunakan fungsi exhaust fan di dapur?

Dapur adalah tempat memasak untuk membawa makanan lezat. Tempat yang hangat untuk seluruh keluarga untuk berkumpul bersama setelah hari yang melelahkan belajar dan bekerja. Dan pada proses pengolahan awal atau sisa makanan yang belum dibawa ke tempat pembuangan sampah akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi untuk setiap keluarga, perlu mengetahui fungsi  exhaust fan di dapur

Apalagi jika dipadukan dengan tudung akan memberikan efek yang besar. Hal-hal berikut ini dapat dihilangkan dengan menggunakan fungsi exhaust fan :

  • Dorong udara lama dari dapur, hilangkan bau minyak, bau makanan, asap, gas, knalpot.
  • Proses menyiapkan makanan, memasak di dapur akan menimbulkan bau minyak, gas, asap membuat udara di dalam ruangan tidak lagi segar dan menyenangkan.
  • Mencegah timbulnya virus, bakteri, jamuri dapur.
  • Membawa udara segar dari luar, membantu udara dapur dan seluruh rumah selalu segar dan segar.

baca juga ; jenis furnitur rumah 

Catatan penting saat memilih exhaust fan

Spesifikasi yang perlu diperhatikan

Menurut riset pasar, menurut arsitek dan insinyur, ketika memilih exhaust fan di dapur, hal pertama yang penting adalah menghitung aliran udara yang dibutuhkan ruangan. Konsumen dapat menerapkan rumus berikut untuk menghitung aliran udara yang dibutuhkan ruangan, dari mana dasar untuk memilih parameter ini masuk akal.

Namun, selain parameter ini, Anda dapat mencatat lebih banyak tentang kapasitas dan kecepatan putaran kipas buang. Semakin kecil kapasitas, semakin hemat energi kipas, semakin kecil kecepatan putaran, semakin tenang kipas berjalan.

Jenis dan desain exhaust fan di dapur

Ada dua jenis utama kipas ventilasi di pasaran saat ini:

  • kipas ventilasi 1 arah dan
  • kipas ventilasi 2 arah.

Sementara itu, kipas 2 arah menggabungkan fungsi hisap dan tiupan dalam dua arah yang dapat dibalik, sehingga keduanya menghilangkan bau dan memberikan udara segar dengan cepat, terus menerus, dan lebih efisien. Jenis non-tirai lebih nyaman untuk dibersihkan tetapi membutuhkan pembersihan dan perawatan yang lebih sering, terutama tidak cocok untuk pemasangan di area dengan banyak debu atau serangga.

Merek dan harga exhaust fan dapur populer

Jenis kipas ventilasi dapur yang ada di pasaran saat ini. Tidak hanya beragam dalam desain, model, kapasitas…Setiap produk dari masing-masing merek memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri. Tapi ada satu poin ketika membeli penggemar dari merek-merek terkemuka ini.

Akan membantu Anda memastikan kualitas dan daya tahan kipas. Serta nikmati garansi jika sayangnya ada kesalahan, kerusakan dengan cara terbaik. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat kebutuhan dan kantong penggunaan Anda. Untuk memilih peralatan yang tepat dengan biaya yang masuk akal, hindari pemborosan!

baca juga ; gaya desain minimalis

Catatan saat menggunakan exhaust fan di dapur

  • Untuk dapur dengan tudung, kipas angin harus dipasang di dekat meja makan. Jika tidak, perlu memasang kipas di atas ke arah keluarnya udara panas untuk meningkatkan efek pemurnian udara.
  • Bersihkan kipas secara teratur untuk memastikan kipas tidak menempel oleh minyak, kotoran, dll., yang menciptakan lingkungan bagi bakteri dan virus. Jamur tumbuh serta membantu kipas bekerja lebih tahan lama dan lebih efisien.
  • Jika Anda memasangnya sendiri, Anda perlu memastikan keamanan listrik dan memasangnya dengan benar.
  • Baca instruksi pabrik dengan cermat untuk penggunaan kipas yang benar dan aman.

Demikianlah artikel singkat tentang fungsi exhaust fan di dapur, semoga bermanfaat..