Search
Close this search box.

Jenis Lantai Kayu Untuk Rumah

Jenis Lantai kayu apa yang baik? Top 3 Jenis Lantai Kayu Trending Mewah, hangat, tahan lama. Ini adalah bahan lantai kayu. Namun, pasar semakin muncul banyak jenis lantai kayu dengan lebih dari 1000 merek dari seluruh dunia . Di tengah hutan seperti itu, sulit bagi Anda untuk menentukan pilihan lantai yang tepat. Itulah mengapa saya telah mengumpulkan panduan dan saran yang terperinci dan mudah dipahami dalam memilih lantai laminasi untuk rumah Anda.

jenis lantai kayu

Pada artikel ini, kontraktor bogor akan memaparkan 3 jenis lantai kayu paling populer yang perlu Anda ketahui yaitu ;

  • Lantai kayu solid
  • Lantai kayu rekayasa – engineered
  • Lantai laminasi

Karena lantai kayu sekarang menjadi lantai yang sangat diperlukan materi di setiap rumah. Pada dasarnya, konten yang dibagikan akan memberi Anda pandangan objektif untuk memilih jenis lantai kayu yang tepat untuk keluarga dan anggaran Anda.

Lantai kayu solid

Lantai kayu alami, juga dikenal sebagai lantai kayu, adalah panel kayu solid dari atas ke bawah. Ini adalah bahan lantai kayu selama berabad-abad dan tidak pernah ketinggalan zaman. Lantai kayu alami selesai dengan cat minyak atau pernis dengan tepi beralur untuk mengunci panel kayu bersama-sama. Kelebihan lantai kayu alami ️ Dapat digunakan berkali-kali dengan mengamplas ulang dan membuka kunci kembali. Jika Anda merawatnya dengan baik, Anda dapat menggunakannya untuk seumur hidup. ️

baca juga : Renovasi Kamar Tidur Dengan Harga Murah

Renovasi Kamar Tidur Dengan Harga Murah

Terasa lebih kokoh saat berjalan dibandingkan jenis lantai kayu lainnya. Bahkan, Anda hampir tidak akan melihat perbedaannya. Jadi anggap ini keuntungan kecil. ️ Pilih jenis dan spesifikasi yang Anda inginkan. Anda dapat meminta pemasok untuk membuat sesuai dengan ukuran Anda sendiri atau memilih warna cat permukaan lantai kayu yang berbeda dari warna aslinya. Kekurangan lantai kayu alami Butir lantai kayu ini memanjang di sepanjang lebar papan, sehingga mudah melengkung dan membengkak. Karena itu, tidak disarankan untuk memasang di kamar mandi, ruang bawah tanah, area yang luas, sistem pemanas lantai. Harganya cukup tinggi karena produksi dari kayu alam cukup langka dan jarang dimanfaatkan.

Sebagian besar lantai kayu alami perlu diimpor dari Laos (eksploitasi terbatas) dan negara-negara Afrika. Partikel kayu mengembang atau mengerut berdasarkan fluktuasi suhu dan kelembapan ruangan, jadi jika Anda tidak membiarkannya menyesuaikan diri setidaknya selama 24 jam, lantai Anda bisa melengkung.

Perusahaan laminate flooring saya melakukan pre-cutting dan pre-treatment dan menyimpannya di pabrik, sehingga kekurangan ini dapat diatasi, ini adalah salah satu keunggulan dari Laminate Flooring dibandingkan dengan unit lainnya.

baca juga ; tips memilih jasa bangun rumah

2. Lantai kayu rekayasa (Engineer)

Lantai kayu rekayasa memiliki lapisan tipis kayu asli yang direkatkan ke atas, seperti kayu lapis. Ini memberikan stabilitas tinggi dari waktu ke waktu. Akibatnya, lantai kayu rekayasa menjadi pilihan yang baik untuk setiap area rumah Anda. Saat ini di pasar Vietnam, lantai kayu rekayasa tidak sepopuler lantai kayu alami dan lantai laminasi. Saya akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan dari jenis lantai kayu ini untuk Anda pahami lebih baik.

baca juga ; jenis cat epoxy untuk lantai rumah

Kelebihan Lantai Kayu Rekayasa

Lantai Kayu Rekayasa terbuat dari inti HDF atau kayu lapis yang dilapisi dengan lapisan tipis veneer kayu alami. Tekstur ini membuat lantai kurang rentan terhadap perubahan suhu dan kelembaban dibandingkan kayu alami. ️ Berkat struktur khusus, lantai kayu rekayasa kurang sensitif terhadap perubahan lingkungan, sehingga dapat dipasang di tempat dengan kelembaban tinggi dan area yang luas. ️ Jika Anda ingin membangun lantai kayu dengan budget yang terjangkau, maka engineered wood flooring adalah pilihan yang tepat.

Berkat hanya menggunakan lapisan veneer alami di permukaan, harganya jauh lebih murah daripada kayu alami. Kekurangan lantai kayu rekayasa Lantai kayu rekayasa memiliki daya serap air yang sangat sedikit dibandingkan dengan lantai kayu alami, tetapi tidak sepenuhnya tahan air. Jika Anda membutuhkan lantai yang benar-benar tahan air, sebaiknya gunakan lantai vinyl.

baca juga ; cara memilih warna rumah

Cara Memilih Warna Rumah yang Tepat

Lantai kayu rekayasa rentan terhadap goresan seperti halnya lantai kayu alami karena lapisan permukaan atas semuanya adalah kayu asli dan tidak dapat dipoles ulang sebanyak kayu solid. Meskipun bangunan umum lebih terjangkau daripada lantai kayu keras, lantai kayu rekayasa tidak selalu lebih murah. Faktanya, ada jenis lantai laminasi ketiga di pasaran, yaitu lantai laminasi, yang harganya jauh lebih murah.

3. Lantai laminasi

adalah produk lantai kayu komposit yang terbuat dari tiga lapisan: lapisan pulp kayu yang dipadatkan, lapisan film kayu dan lapisan pelindung transparan. Pada dasarnya, lantai laminasi dibuat agar terlihat persis seperti lantai lainnya berkat lapisan foto-realistisnya. Dan yang lebih penting, lapisan tahan aus transparan di atasnya sangat tahan lama. Di segmen kelas atas dengan harga lebih dari 400.000 lantai laminasi bahkan bisa lebih tahan lama daripada banyak jenis lantai lainnya.

baca juga : 10 Manfaat Cat Epoxy Lantai

10 Manfaat Cat Epoxy Lantai

Faktanya, satu-satunya pesaing nyata lantai laminasi dalam hal daya tahan adalah lantai laminasi. Tentang kelebihan laminate flooring ️ Kelebihan terbesar adalah laminate flooring memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Dari hanya 170.000 /m2, Anda memiliki lantai kayu. ️ Lantai laminasi adalah salah satu solusi lantai terbaik.

Demikianlah artikel tentang jenis lantai kayu, semoga bermanfaat. Jika memerlukan jasa pemasangan lantai kayu, hubungi kontraktor bogor