Search
Close this search box.

Apa itu Kontraktor dan Tanggung Jawabnya

Kontraktor adalah unit yang bertanggung jawab atas pembangunan pekerjaan. Lebih lengkapnya akan kami jelaskan apa itu kontraktor pada artikel di bawah ini.

Apa itu kontraktor?

Kontraktor (atau kontraktor konstruksi) adalah organisasi/unit yang memiliki kapasitas penuh untuk membangun pekerjaan bagi investor. Mereka akan menandatangani kontrak dengan investor dan menawar semua pekerjaan dan proyek yang terkait dengan pekerjaan itu.

baca juga : Catatan Saat Memilih Kontraktor Konstruksi

Tips Memilih Kontraktor Kolam Koi

Jika Anda seorang kontraktor profesional, Anda harus dilengkapi dengan dokumen, dokumen hukum, dan elemen berikut:

  • Lisensi bisnis;
  • Memiliki sertifikat praktik yang relevan
  • Tim arsitek, teknisi, pengawas, manajer proyek… memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.
  • Tim pekerja konstruksi yang terampil dan berpengalaman
  • Hanya ketika kontraktor dilengkapi dengan hal-hal di atas, investor akan merasa aman untuk mempercayakan desain dan konstruksi pekerjaan mereka kepada mereka. Mereka tidak dapat mengirimkan proyek mereka yang bernilai ratusan atau triliunan dolar ke tangan kontraktor yang tidak profesional atau di bawah standar.

Mereka membutuhkan kontraktor dengan kompetensi yang baik serta tanggung jawab yang tinggi, yang dapat bertanggung jawab jika pekerjaan mereka bermasalah.

Tanggung jawab kontraktor konstruksi

Tanggung jawab kontraktor konstruksi, perlu untuk menyelesaikan tanggung jawab berikut:

  • Jaminan kualitas untuk setiap item proyek
  • Menyediakan material dan tenaga kerja untuk proyek
  • Menandatangani kontrak penugasan dengan subkontraktor dan bertanggung jawab penuh atas insiden yang terkait dengan subkontraktor
  • Manajemen kendaraan, peralatan, metode konstruksi yang digunakan selama konstruksi

Baca Juga : Daftar Toko Bahan Bangunan di Bogor

Daftar Toko Bahan Bangunan di Bogor

Jenis kontraktor konstruksi

Sebagian besar dari kita mengetahui konsep kontraktor utama, subkontraktor. Namun, kontraktor bukan hanya 2 tipe itu saja! Di bawah ini kami akan mencantumkan beberapa jenis kontraktor umum di negara kami, dibagi dengan faktor-faktor terpisah.

Urutan berdasarkan peran

Kontraktor Utama:

Kontraktor utama yang bertanggung jawab untuk berpartisipasi dalam proses penawaran. Mereka adalah orang yang langsung menandatangani kontrak dengan investor sekaligus orang yang menawar. Kontraktor utama dapat berupa individu atau organisasi, bisnis…

Subkontraktor:

Kontraktor yang berpartisipasi dalam pelaksanaan paket penawaran sesuai dengan kontrak yang telah mereka tandatangani dengan kontraktor utama. Mereka bekerja langsung dengan kontraktor utama, bukan investor.

Urutkan berdasarkan kebangsaan

Kontraktor domestik: Apakah individu/unit/organisasi yang didirikan berdasarkan hukum Vietnam dan biasanya individu/organisasi berkebangsaan Vietnam.
Kontraktor asing: Apakah individu/organisasi yang didirikan berdasarkan hukum negara lain. Mereka berkewarganegaraan asing tetapi berpartisipasi dalam penawaran di Vietnam.

Urutkan berdasarkan kepribadian

  • Kontraktor swasta
  • Kontraktor Patungan

Urutkan berdasarkan fungsi