Cara Membersihkan Lantai Marmer dan Granit

Mengetahui cara membersihkan lantai marmer dan granit relatif penting karena merupakan produk alami dan memerlukan perawatan yang tepat. Marmer atau granit sangat bagus untuk lantai di rumah Anda karena dapat mengubah ruangan apa pun – terutama kamar mandi – menjadi ruang mewah. Selain itu, sangat tahan lama, bisa bertahan bertahun-tahun jika Anda tahu cara merawatnya dengan benar!

Masalah membersihkan granit dan marmer adalah permukaannya memiliki sifat yang berbeda dari ubin semen biasa dan dapat rusak oleh produk pembersih rumah yang biasa digunakan. Anda perlu sedikit lebih berhati-hati, tetapi itu tidak terlalu sulit. Untuk informasi lebih lanjut tentang membersihkan lantai granit atau marmer, baca terus!

membersihkan lantai marmer granit
lantai marmer

Jika Anda secara tidak sengaja menumpahkan cairan apa pun ke lantai granit atau marmer, Anda harus segera membersihkannya atau permukaan batu akan cepat menyerap noda. Cairan asam seperti jus jeruk atau cuka akan menyebabkan masalah. Serap (jangan lap) noda dengan handuk, lalu gunakan sedikit cairan pencuci piring dan air untuk membilasnya.

baca juga ; keunggulan rumah dengan desain minimalis

Pembersihan Granit dan Marmer: Mengobati Kotoran dan Goresan

Membersihkan lantai granit atau marmer relatif mudah, melibatkan dua langkah. Pertama, Anda perlu tahu cara membersihkan noda untuk menghilangkan noda atau goresan yang terlihat jelas. Cara terbaik untuk melakukannya adalah:

Oleskan sedikit cairan pencuci piring ringan atau produk pembersih marmer – pH netral – pada kain lembut, tambahkan sedikit air bersih. Selalu uji terlebih dahulu pada area kecil yang tersembunyi terlebih dahulu.
Usap perlahan noda di sepanjang butiran batu. Hindari memutar pel karena dapat merusak lantai.
Saat noda atau goresan memudar, gunakan handuk kering untuk menghapus dan mengilapkan lantai lagi.

Membersihkan Lantai Marmer dan Granit Secara Teratur

Anda juga perlu mengetahui cara membersihkan lantai marmer atau granit secara rutin. Berikut adalah beberapa pedoman:

  • Anda dapat menggunakan produk pembersih lantai khusus, atau mencampur air hangat dengan sedikit cairan pencuci piring – seperti cairan pencuci piring Sunlight.
    Dengan menggunakan kain bersih dan lembut, usap lantai dengan lembut secara bertahap.
    Buang air bekasnya dan ganti dengan seember air dingin tanpa deterjen. Lap lantai lagi untuk menghilangkan sabun.
  • Gunakan handuk kering, lembut dan bersih untuk menggosok lantai mengkilap. Jangan pernah menunggu marmer atau granit mengering secara alami, karena dapat menimbulkan noda air.
membersihkan lantai marmer granit
lantai granit

Produk untuk membersihkan lantai Marmer & Granit

Selalu baca petunjuk penggunaan pada pembersih yang Anda gunakan untuk membersihkan lantai, dan penting untuk mengujinya terlebih dahulu di area kecil yang tidak terlihat terlebih dahulu. Granit dan marmer adalah produk alami, ada hal-hal yang tidak boleh Anda gunakan untuk mencegahnya dari kerusakan dan goresan.

Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan saat membersihkan granit dan marmer:

  • Produk pembersih lantai biasa – Anda harus menggunakan produk yang dirancang khusus untuk bahan ini.
  • Produk yang membersihkan ubin semen karena menumpulkan permukaan marmer.
  • Apa pun yang bersifat basa atau asam – seperti cuka.
  • Handuk kasar, seperti penggosok panci.
  • Penyedot debu, karena roda dan nozel dapat menyebabkan goresan di lantai.

baca juga ; kontraktor bogor

Merawat Marmer dan Granit

Membersihkan lantai marmer atau granit lebih mudah jika tidak menumpuk terlalu banyak kotoran, jadi sebaiknya lakukan tindakan pencegahan untuk meminimalkan penumpukan dan potensi goresan yang menyebabkan kerusakan. Coba letakkan alas lantai tepat di depan pintu masuk untuk menjebak kotoran, lumpur, dan batu-batu kecil yang tersangkut di bawah sol sepatu Anda sebelum menggores lantai Anda.

Selalu pastikan bahwa segala sesuatu yang diletakkan di lantai, seperti tanaman pot, ditopang di atas tikar karet dan tidak bersentuhan langsung dengan permukaan lantai karena dapat merusak lantai. Selain itu, Anda juga harus menerapkan lapisan pelindung pada lantai marmer atau granit jika memungkinkan.

Poin penting :

Untuk membersihkan noda pada lantai granit atau marmer, gunakan kain lembut yang dibasahi dengan cairan pencuci piring ringan dan sedikit air, usap sepanjang butiran batu dan lap kembali dengan kain kering.
Anda dapat membersihkan lantai batu dengan pembersih lantai khusus, atau dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit cairan pencuci piring ringan. Lap dengan kain lembab dan lap lagi dengan kain kering untuk mengembalikan kilau ke saringan.

Produk yang tidak boleh digunakan pada lantai granit atau marmer adalah: produk pembersih lantai biasa, produk pembersih ubin semen, apa pun yang bersifat basa atau asam seperti cuka, handuk kasar seperti penggosok Pot dan penyedot debu, karena roda dan nozel dapat menyebabkan goresan pada lantai .